Menentukan Kapan Ovulasi Terjadi

Langkah pertama adalah untuk menentukan panjang rata-rata siklus menstruasi Anda. Hari 1 adalah hari pertama menstruasi dan hari terakhir adalah hari sebelum periode dimulai Anda. Ovulasi terjadi sekitar dua minggu sebelum periode berikutnya. Jadi jika Anda memiliki siklus menstruasi 28 hari, Anda akan berovulasi sekitar hari ke-14.

Begitu Anda telah menentukan saat ovulasi terjadi, ingat bahwa hari ovulasi dan jendela subur termasuk 5 hari sebelum terdekat 3 sampai hari ovulasi yang paling subur.

Tergantung pada panjang siklus menstruasi Anda, hari-hari yang paling subur bulan dapat, misalnya:

  • – Hari 12, 13 dan 14, jika Anda memiliki siklus menstruasi 28 hari (dalam hal ovulasi terjadi pada hari ke-14);
  • – Hari 19, 20 dan 21 jika Anda memiliki siklus menstruasi 35 hari (di mana okultasi terjadi pada hari ke-21);
  • – Hari 5, 6 dan 7 jika Anda memiliki siklus menstruasi 21 hari (dalam hal ovulasi terjadi pada hari ke-7).

Tanda-tanda untuk mengidentifikasi jendela subur

Mengidentifikasi hari yang tepat saat ovulasi terjadi adalah tugas yang sangat sulit, terutama bagi wanita yang memiliki siklus yang teratur. Ada, bagaimanapun, dan beberapa bukti yang dapat Anda gunakan dalam hal ini:

mengukur BBT

Selama sehari, suhu tubuh dapat mengurangi atau menambah, tergantung pada aktivitas yang mereka lakukan apa yang Anda makan makanan atau minum dll Suhu basal tubuh adalah suhu di pagi hari, aku bangun, sebelum Anda mengambil atau makan atau minum apa pun.

Menentukan Kapan Ovulasi Terjadi

Ketika Anda mengambil suhu basal Anda, cobalah untuk tidak bergerak terlalu banyak, melakukannya pada waktu yang sama setiap pagi setelah setidaknya 3 jam tidur terganggu. Anda perlu termometer khusus, lebih sensitif dari biasanya, untuk tetap bahwa selama seluruh periode dimana pengukuran dilakukan untuk menghindari bahkan kesalahan terkecil.

Sebelum ovulasi, karena suhu estrogen basal lebih rendah, bahwa setelah ovulasi, ketika progesteron rahasia, suhu meningkat dan tetap demikian sampai menstruasi dimulai. Jika Anda melihat peningkatan suhu selama tiga hari berturut-turut, kemungkinan pembuahan berkurang. Sebelum ovulasi suhu tubuh basal bervariasi antara 35,8 dan 36,7 derajat Celsius dan setelah ovulasi bervariasi antara 36,5 dan 37,2 derajat Celcius.

Memeriksa lendir serviks

Karena perubahan hormon dalam tubuh sebelum dan selama ovulasi, kuantitas, warna dan tekstur perubahan lendir serviks. Sebagai ovarium sedang mempersiapkan untuk melepaskan telur, leher rahim menghasilkan lebih banyak lendir. Beberapa hari sebelum ovulasi lendir serviks dapat lengket, keputihan atau kabur. Segera sebelum ovulasi, lendir menjadi sangat licin dan memiliki penampilan putih telur. Fase ini biasanya berlangsung 3-4 hari dan waktu di mana Anda paling mungkin untuk hamil.

Untuk mengidentifikasi dengan pasti masa subur, Anda dapat menggunakan tes ovulasi. Jika, di sisi lain, Anda tidak mahir tanda-tanda kriminal, tetapi hanya “metode alami” oleh berulang kali mencoba, Anda harus tahu bahwa para ahli merekomendasikan, untuk kemungkinan tinggi pembuahan, hubungan seksual terjadi dengan frekuensi sekitar 2- 3 hari.

Advertisements